Monday, March 15, 2010

KONSEP DASAR AKUTANSI

PERTEMUAN I

Pada pertemuan pertama, Bpk. Amril Muhammad menerangkan tentang konsep dasar akutansi. Dimana tugas manajer keuangan adalah mencari dana, mengalokasikan dana berbasis anggaran dan menyusun skala prioritas.

Sumber pembiayaan dalam manajemen keuangan berasal dari 3 sumber yaitu 1) Modal pemilik; modal pemilik adalah modal pribadi yang dimiliki oleh seseorang yang ingin melakukan bisnis. 2) Pinjaman; pinjaman dapat berasal dari pinjaman bank maupun dari pinjaman orang-orang dengan disertai bunga. Sebelum mengambil pinjaman kita harus melakukan analisis terhadapat kekuatan pinjaman yang akan kita ambil. kita juga harus menganalisis jangka waktu peminjaman yang dapat kita lakukan, serta menganalisis pasar keuangan seperti sistem bunga pinjaman, suku bunga pinjaman, dan inflasi. 3) Pendapatan atau uang hasil investasi.

Sumber-sumber pembiayaan yang telah didapat digunakan untuk dana operasional dan dana investasi. Dana operasional adalah dana yang digunakan untuk kelancaran kegiatan operasional. Pada saat kita ingin membuat anggaran dana kita harus memperhatikan unit cost, BEP, harga jual dan lain- lain. Harga jual suatu produk harus diusahakan tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. harus disesuaikan dengan kondisi dari produk itu sendiri dan harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat.

Jika dana tidak mencukupi maka kita harus membuat skala prioritas.Skala Prioritas adalah daftar urutan kebutuhan manusia dari yang paling penting dan harus dipenuhi terlebih dahulu. Dalam bisnis terdapat suatu konsep kesatuan usaha yaitu pemisahan pencatatan keuangan pribadi dengan bisnis atau perusahaan.

Konsep dasar akuntansi

AKTIVA
Aktiva dibagi menjadi 3, yaitu
  1. Current Asset  seperti barang , dan uang
  2. Fixed Asset seperti tanah, dan bangunan
  3. Intangible Fixed Asset contohnya adalah izin perusahaan
HUTANG
Jenis hutang dibagi menjadi 2, yaitu:
  1. Hutang Lancar (Current Liabillities) seperti hutang gaji
  2. Hutang Jangka Panjang (Long-term Liabillities) yaitu hutang yang jangka waktu pembayarannya lebih dari 1 tahun.
CAPITAL ATAU MODAL
  1. Capital bertambah jika ada keuntungan.
  2. Capital akan berkurang jika ada kerugian.

No comments:

Post a Comment