Friday, October 2, 2009

Biografi Dwi Syambudiarti

Pada hari jum'at tanggal 5 April 1991 saya "Dwi Syambudiarti" dilahirkan di R.S Islam jakarta. Saya terlahir dari keluarga yang tergolong sederhana. Bapak saya bernama Seno dan ibu saya bernama Salwiyah. Keduanya berasal dari suku jawa. Bapak berasal dari Yogyakarta dan Ibu berasal dari Purwokerto. Bapak merupakan seorang pensiunan pegawai  swasta, dan sekarang memiliki usaha kecil yang dibangun dirumah. Ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga sekaligus guru TPA dan guru privat al-Qur'an. Saya bersyukur sekali memiliki kedua orang tua yang sangat menyayangi dan selalu membimbing saya serta selalu memberikan yang terbaik kepada anak-anaknya.

Saya memiliki seorang kakak laki-laki yang bernama Budi Utariyanto. Kakak saya dilahirkan pada tanggal 1 Juni 1980. Selisih umur saya dengan beliau adalah 11 tahun. Beliau adalah seorang Sarjana Komputer dari salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta. Beliau merupakan seorang pegawai di salah satu perusahan swasta dan menjabat sebagai Coordinator Account Receivable. Kakak saya menyalurkan bakatnya dengan membuka usaha jual beli komputer, service, deller pulsa elektric dan voucher. Usahanya bernama "oioi multisolution". Alhamdulillah sudah banyak yang berminat bergabung di dalam bisnis ini.

 
 Sejak kecil saya memiliki cita-cita menjadi seorang guru atau seseorang yang berkecimpung di dalam dunia pendidikan. Pemikiran yang selalu melekat di benak saya bahwa pekerjaan guru adalah pekerjaan yang sangat mulia dan memiliki tanggung jawab yang amat sangat  besar.

Pada tahun 1995, saya memulai pendidikan formal di TK Mekar Indah dimana saya maerupakan seorang siswa yang lebih muda dari yang lainnya. Sejak kecil saya sudah dilatih untuk mandiri dan sampai sekarang pun saya masih tetap dilatih untuk lebih mandiri.

Pada tahun 1996, saya melanjutkan sekolah saya di SDN Halim 02 PT. Prestasi saya mulai meningkat sejak kelas 4 SD. Saya berhasil mendapatkan nilai 10 pada nilai Ujian Akhir Negara (UAN) SD. Pada saat itu saya merasa bangga pada diri saya sendiri dan tentunya orang tua saya juga sangat bangga kepada saya. Karena itu saya sangat menyukai pelajaran matematika hingga saat ini.

Setelah tamat SD saya berminat untuk melanjutkan sekolah di madrasah. Alhasil kemudian saya melanjutkan sekolah saya di Madrasah Tsanawiyah Negeri 14. Saya mulai mengikuti oraganisasi sekolah pada saat itu. Diantaranya OSIS dan PASKIBRA. Saya menjabat sebagai bendahara di OSIS MTsN 14 tahun 2003. Kemudian saya mewakili sekolah saya untuk mengikuti LDKO se’ DKI Jakarta yang diadakan selama 3 hari di Cibubur. Saya pernah meraih juara 3 pada lomba pengibaran bendera merah putih tingat MTs se’DKI Jakarta yang diadakan di Lubang Buaya, Jakarta timur.

Pada tahun 2005 saya melanjutkan sekolah saya di Madrasah Aliyah Negeri 6 Jakarta. Saya mengikuti organisasi OSIS, PASKIBRA dan Karya Ilmiah Remaja (KIR). Saya memilih jurusan IPA untuk jalur pendidikan saya di MAN. Pada saat itu saya menjalankan pendidikan saya dengan lebih semangat. Saya menjabat sebagai wakil ketua PASKIBRA dan Koordinator Pendidikan di OSIS. Sebenarnya saya menginginkan untuk menjadi seorang pengibar bendera di tingkat nasional atau paling standar di tingkat wilayah. Tetapi saya mengurungkan niat saya karena saya yakin saya tidak mampu untuk mencapai keinginan saya tersebut disebabkan mata saya yang mengalami minus sehingga tidak memenuhi syarat-syarat penyeleksian. Tetapi saya tetap bangga terhadap diri saya, saya bisa membantu teman-teman dan adik-adik kelas saya saat pengibaran bendera akan berlangsung. Sampai sekarang pun tetap seperti itu.

 Pada tahun 2007 saya di tugaskan mengikuti seleksi untuk mewakili Departemen Agama pada lomba KIR tingkat SMA/MA se’DKI Jakarta. Saya dan kelompok saya mengikuti seleksi lomba KIR bidang Biologi di TMII. Dan akhirnya saya terpilih sebagai perwakilan Departemen Agama untuk mengikuti perlombaan KIR bidang biologi kategori perorangan. dan kelompok saya mendapatkan juara 3.


Kemudian saya melanjutkan perlombaan tersebut di Ciloto, Jawa Barat selama 3 hari. Saya mengangkat judul “merubah beras kualitas rendah menjadi beras kualitas tinggi” alhamdulillah pada perlombaan itu saya meraih juara pertama lomba KIR tingkat SMA/MA se’DKI Jakarta bidang Biologi kategori perorangan. Saya juga pernah meraih juara 3 pada lomba debat energi alternatif tingkat SMA/MA se’Jabodetabek di UIN Syarif Hidayatullah. Perlombaan tersebut merupakan perlombaan dengan perjuangan yang sangat melelahkan di bandingkan dengan perlombaan-perlombaan lain yang pernah saya ikuti karena perlombaan tersebut berlangsung selama hampir 1 bulan.

Atas saran orang tua, guru dan teman-teman, pada tahun 2008 saya mengikuti seleksi PMDK Manajemen Pendidikan untuk melanjutkan pendidikan saya di Universitas Negeri Jakarta. Akhirnya saya lulus seleksi PMDK tersebut dan sampai sekarang tercatat sebagai salah satu mahasiswi jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta.  Saya yakin saya akan menjadi orang sukses di kemudian hari dan itu akan selalu tertanam di dalam diri saya sebagai motivasi kehidupan yang saya jalani saat ini.

Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada guru-guru saya yang telah mendidik saya sehingga saya bisa menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya dan insyaAllah saya akan berusaha  untuk menjadi jauh lebih baik dari hari ini tentunya . Semoga cita-cita yang saya inginkan sejak kecil dapat tercapai  Amin.

No comments:

Post a Comment