Friday, October 9, 2009

Konsep Dasar Manajemen Kesiswaan

Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya secara efektif dan efisien, untuk mencapai tujuan organisasi.
Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur (formal, informal, non formal); jenjang (dasar, menengah, tinggi) dan jenis pendidikan (umum, kejuruan, akademik, profesi, vokasi, keagamaan, khusus) tertentu.
Jadi manajemen peserta didik adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan diri melalui proses pembelajaran.
Fungsi Manajemen Peserta Didik terbagi menjadi 2, yaitu yang pertama adalah fungsi manajerial yang terdiri dari Planning, Organization, Actuating, Controling  (POAC). Kedua adalah fungsi operasional, yang terdiri dari rekrutmen, seleksi, penempatan, orientasi, Pengembangan, BK, layanan tambahan, pemberhentian, sistem informasi kesiswaa.

     A. Fungsi Manajerial. 
      a.  Perencanaan
1.    Pemilihan dan penetapan tujuan
Agar pemilihan dan penetapan tujuan tepat, prosesnya harus merupakan hasil analisis data yang diproyeksikan ke masa depan dalam bentuk harapan-harapan yang diusahakan untuk dicapai dengan melakukan berbagai kegiatan.
2.    Analisis kohort : menjelaskan akibat yg terjadi terhadap populasi kohort setelah diamati dan diikuti selama jangka waktu tertentu.
3.    Penentuan:
·         strategi
·         kebijakan
·         program
·         prosedur
·         metode
·         sistem
·         anggaran
·         standar yang dibutuhkan
       b.    Pengorganisasian
1.    Penentuan sumber daya dan kegiatan untuk mencapai tujuan.
2.    Perancangan dan pengembangan suatu organisasi atau tim kerja.
3.    Penugasan tanggung jawab tertentu. Tanggung jawab adalah keharusan melaksanakan wewenang dengan sebaik-baiknya sebagai suatu kewajiban, agar hak untuk melakukan suatu tindakan tidak disalah gunakan.
4. Pemberian kewenangan.
        c.    Pengarahan.
Pengarahan berarti memelihara, menjaga, dan memajukan organisasi melalui setiap personal, baik secara struktural maupun fungsional, agar setiap usahanya tidak terlepas dari usaha mencapai tujuan.
Kegitan pengarahan dapat berbentuk sebagai berikut :
1.    Membuat orang mau bekerja
2.    Komunikasi
3.    Motivasi
4.    Disiplin
       d.    Pengawasan
1.    Apakah tujuan tercapai ?
2.    Kegiatan yang tidak diinginkan atau dibutuhkan jangan terjadi lagi
3.    Penetapan standar
4.    Penentuan ukuran kinerja
5.    Pengukuran hasil pelaksaan ----- dibandingkan dengan standar
6.    Pengambilan tindakan koreksi -----bila ada penyimpangan

B. Fungsi Operasional

a.    Rekrutmen
1.    Membuat calon siswa terpikat
2.    Saluran informasi
3.    Evaluasi: jumlah pendaftar, jumlah yang diterima, jumlah yang masuk
4.    Form-form

b.    Penempatan
1.    Penempatan di kelas
2.    Penjurusan
3.    Manajemen kelas: posisi, moving class, staying class

c.    Orientasi
1.    Tujuan
2.    Materi : sejarah, fasilitas, hak dan kewajiban, personalia, tata tertib, tata krama
3.    Teknis, mekanisme, cara
4.    Waktu
5.    pelaksana

d.    Pengambangan
1.    Kurikuler ---- akademik
2.    Ko kurikuler
3.    Ekstra kurikuler
4.    Organisasi ---- kepemimpinan

e.    Bimbingan dan konsel
1.     merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir serta kehidupannya di masa yang akan datang;
2.      mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimilikinya seoptimal mungkin;
3.      menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat serta lingkungan kerjanya;
4.      mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam studi, penyesuaian dengan lingkungan pendidikan, masyarakat, maupun lingkungan kerja.

f.     Fasilitas dan Layanan
1.    Beasiswa
2.    Kantin
3.    UKS, klinik, dokter kecil
4.    Sarana olahraga dan seni
5.    Sarana ibadah

g.    Pemberhentian
1.    Droup out
2.    Pindah ---- mutasi
3.    Lulus

No comments:

Post a Comment