Sunday, January 3, 2010

KREATIFITAS



Beberapa konsep tentang kreatifitas diantaranya di kemukakan oleh Olson, Hurlock dan Evan. Menurut Olson kreatifitas yaitu kemampuan untuk menciptakan atau berkreasi. Menurut Hurlock kreatifitas yaitu proses menghasilkan sesuatu yang baru, baik objek atau gagasan dalam suatu susunan yang baru, sedangkan menurut Evan, kreatifitas adalah keterampilan untuk menemukan sesuatu yang baru, dan memandang subjek dari sesuatu yang baru, dan menciptakan bentuk kombinasi yang baru yang terdiri dari dua atau lebih konsep.

Dalam berfikir kreatif kita harus memiliki suatu pola dasar untuk berfikir kreatif, yaitu imajinasi, data, evaluasi, dan aksi. Imajinasi merupakan pola awal untuk melakukan kreatifitas. Setelah kita mengambangkan suatu gagasan atau ide yang berasal dari imajinasi kita, selanjutnya kita kemas menjadi sebuah data – data, kemudian kita melakukan suatu evaluas. Dalam proses evaluasi kita dapat mengetahui apakah ada kelemahan atau kelebihan dari suatu ide baru yang berawal dari imajinasi kita sebelumnya. Kemudian yang terakhir kita melakukan sebuah aksi. Dengan aksi tersebut kita bisa menunjukkan kepada orang lain tentang apa yang ada di dalam imajinasi kita dalam bentuk real.


Tidak semua manusia itu memiliki kreatifitas. Maka untuk mengetahui siapa saja yang memiliki kreatifitas kita harus mengetahui ciri-ciri individu yang kreatif. Ciri individu yang kreatif adalah memiliki beban dalam pikirannya, seseorang tersebut memiliki daya imajinasi yang penuh, memiliki sifat selalu ingin tahu yang sesuatu hal yang dianggap baru, menyukai pengalaman – pengalaman yang baru, penuh inisiatif, bebas dalam berpendapat, memiliki minat yang luas, memiliki rasa percaya diri yang kuat, tidak mudah menerima atau selalu bersifat kritis menghadapi suatu hal, berani untuk mengambil resiko , senang dengan tugas yang majemuk, memiliki sifat ulet dan tidak mudah merasa bosan.

Banyak orang- orang yang merasa dirinya tidak memiliki kreatifitas. Penyebab rendahnya kreatifitas pada setiap individu adalah terlalu menekankan pada cara berfikir konvergen atau menganggap suatu permasalahan hanya memiliki satu jawaban yang tepat dan kurangnya wawasan yang disebabkan kurangnya minat baca atau minat memperoleh pengetahuan sehingga menyebabkan cara berpikir kurang lentur.

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan melemahnya daya kreatifitas yaitu, memiliki rasa takut untuk mengubah kebiasaan yang sudah melekekat pada setiap individu, takut berbuat suatu kesalahan dan takut untuk ditertawakan karena perbuatan yang ia lakukan, tidak memiliki rasa humor. Pada dasarnya kreatifitas dipengaruhi oleh lingkungan, keyakinan, dan intelektual yang mereka miliki.

Jika seseorang merasa bahwa dirinya tidak kreatif maka dapat mengakibatkan seseorang tersebut benar-benar tidak kreatif. Padahal setiap oang dapat kreatif, asalkan seseorang tersebut mengetahui kuncinya. Jadi seseorang harus memiliki keyakinan dan kepercayaan diri bahwa ia seorang yang kreatif.

Untuk mengembangkan kratifitas yang kita miliki, maka dapat kita lakukan dengan cara mengenali kecerdasan yang ada pada diri anda, melalui multiple intelligences yang meliputi  kecerdasan fisik, kecerdasan linguistic, kecerdasan matematis atau logis, kecerdasan visual atau sepatial, kecerdasan musical, kecerdasan naturalis, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan intrapersonal.

Terdapat sepuluh cara agar dapat menjadi kreatif, yaitu yakinlah anda pasti bisa menjadi seseorang yang kreatif, semua orang pasti bisa menjadi kreatif dan menjadi orang yang sukses. Ekspresikan kreatifitas dalam pekerjaan dan kehidupan yang anda jalani. Munculkan jiwa kekanak-anakan dimana seorang anak tidak memiliki rasa malu untuk mengetahui segala hal. Hilangakan berpikir secara logis. Lakukan sesuatu yang tidak biasa anda lakukan. “charge”atau isi pikiran anda dengan berbagai ilmu pengetahuan. Perbanyaklah buku yang anda baca dan lihatlah dunia luar. Memiliki aktifitas rutin jika pikiran sedang buntu dan jenuh. Tuliskan segera ide yang muncul pada secarik kertas. Percaya bahwa anda bisa melakukannya.

Maka jadilah seseorang dengan penuh kratifitas, seseorang yang selalu berpikir  analisis, selalu berpikiran kritis terhadap segala sesuatu, ambil keputusan yang terbaik, pecahkan masalah yang anda hadapi dengan cara terbaik, belajarlah terus menerus, selalu bersikap positif terhadap segala hal, selalu bersifat aktif dan disiplin terhadap segala sesuatu, dan berpikirlah secara rasional.

Seseorang dapat menjadi kreatif jika ia memiliki keyakinan dan percaya kepada dirinya sendiri bahwa ia dapat melakukan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh dan terbaik. Janganlah takut akan kegagalan, karena sebuah kegagalan adalah awal dari suatu keberhasilan. Jika kita putus asa, maka sebuah kreatifitas tidak akan hadir pada diri kita. Orang yang sukses adalah bukalah orang yang tidak pernah gagal. Tapi orang yang sukses adalah orang yang mau untuk berubah dan berusaha untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

No comments:

Post a Comment