Saturday, January 2, 2010

QUANTUM LEARNING

Quantum Learning ialah kiat, petunjuk, strategi, dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Quantum learning menggabungkan sugestologi, teknik pemercepatan belajar, dan Neuro Linguistic Programming  (NLP) dengan teori.
Slide 2
Quantum learning berakar dari upaya Georgi Lozanov, pendidik berkebangsaan Bulgaria. Ia melakukan eksperimen yang disebutnya suggestology (suggestopedia). Prinsipnya adalah bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil situasi belajar, dan setiap detil apa pun memberikan sugesti positif atau negatif. 
Macam-macam kecerdasan adalah sastra linguistik, logika matematika, visual, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, natural.
Pertumbuhan otak :
  • otak tumbuh karena ada stimulus
  • fungsi sensor motorik : kontak dengan lingkungan
  • fungsi emosional kognitif, stimulus berupa bermain, meniru.
  • fungsi kecerdasan lebih tinggi, stimulus berupa pembelajaran
Otak Kanan dan Kiri
Kiri : logis (mengacu pada urutan aktivitas), sekuensial, linier, rasional, konvergen, vertikal.
Kanan : acak, tidak teratur, intiutif sehingga imajinasi berkembang, tetap mengacu pada fakta secara holistik (menyeluruh)

Quantum learning menciptakan konsep motivasi, langkah-langkah menumbuhkan minat, dan belajar aktif.
Belajar aktif mempunyai ciri-ciri:
  • Belajar apa saja dari setiap situasi
  • Memanfaatkan apa yang kita pelajari untuk keuntungan kita.
  • Proaktif, mempunyai inisiatif untuk memulai lebih dahulu
  • Bersandar pada kehidupan
Apabila kita telah mengerjakan tugas dari semua pelajaran yang telah kita kerjakan, maka berilah reward pada diri kita sendiri, rayakanlah selesainya tugas yang telah kita kerjakan. perayaan akan  memberikan perasaan keberhasilan, kesempurnaan, kepercayaan diri, motivasi untuk langkah selanjutnya.
Pada Quantum Learning harus menyediakan pembelajaran yang menyenangkan untuk itu kita harus menata lingkungan belajar kita agar siswa merasa nyaman dalam belajar. Hal-hal yang perlu ditata dalam pembelajaran antara lain :Perabotan harus ditata dan diletakkan dengan sebaik-baiknya agar siswa mudah bergerak, pencahayaan harus dapat diatur, agar belajar dapat terfokus, musik digunakan sebagai sarana relaksasi, alat bantu visual, penempatan, agar siswa mudah bergerak di dalam kelas.temperatur harus dapat diatur sehingga membutuhkan AC atau alat pengatur suhu lainnya, tanaman, kenyamanan yang dirasakan oleh setiap peserta didik, suasana hati pada para peserta didik juga harus diperhatikan.


Mengapa perlu adanya musik dalam pelajaran ??
Dengan adanya musik denyut nadi dan tekanan darah akan menurun, gelombang otak lambat dan otot-otot dapat menjadi rileks sehingga siswa merasa tenang dan nyaman serta merasa siap untuk mengikuti proses belajar pembelajaran.
Jika kita ingin merasakan kenyaman dalam belajar, maka kita harus menemukan gaya belajar yang ada di diri kita. Adapun cara belajar anda adalah gabungan dari cara menyerap informasi, cara mengatur informasi, cara mengolah informasi. Untuk melakukan suatu kegiatan belajar dan pembelajaran kita harus memiliki modalitas dalam belajar yaitu dengan cara visual (melihat), dengan cara audiotorial (mendengar), dengan cara kinestetik (gerakan).

Untuk mempermudah kita dalam belajar kita harus membuat peta pikiran, manfaat peta pikiran adalah agar belajar kita menjadi fleksibel, memusatkan perhatian dalam pelajaran dalam belajar kita, memudahkan kita meningkatkan pemahaman dalam belajar, dan agar belajar kita lebih menyenangkan.
Dalam Teknis menulis melibatkan logika atau otak kiri.
1. Rencana
2. Urutan berpikir
3. Penyuntingan, memilih mana yang perlu atau tidak
4. Penulisan ulang
5. Pengoreksian
6. Tanda Baca

Dalam teknik menulis juga melibatkan emosi atau otak kanan.
1. Semangat
2. Spontanitas
3. Emosi
4. Warna
5. Imajinasi
6. Gairah
7. Ada unsur baru
8. Kegembiraan

Proses Menulis
1. Persiapan : pengelompokan, manulis cepat.
2. Membuat draft : mengembangkan gagasan.
3. Berbagi : meminta komentar teman.
4. Perbaikan : memperbaiki tulisan.
5. Penyuntingan : memperbaiki tata bahasa.
6. Penulisan ulang : menambah ide baru.
7. Evaluasi : Apakah tulisan sudah lengkap.

    No comments:

    Post a Comment