Sunday, January 3, 2010

STRATEGI BELAJAR DISEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI


Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu buat apa kita belajar. Kita belajar karena seluruh kehidupan manusia dan apa yang manusia lakukan adalah proses belajar.Dari kita lahir sampai kita mati kita selalu menemukan proses belajar.  Belajar menjadikan situasi dan kondisi menjadi lebih baik dan bermanfaat dan kita belajar karena setiap agama mewajibkan umatnya untuk selalu belajar.


Apakah yang dimaksud dengan pembelajaran?? pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik serta sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan kegiatan profesional untuk memberikan kemungkinan dan kemudahan orang lain untuk belajar dengan sengaja, terarah dan terkendali. dan belajar merupakan invensi dengan tujuan terjadinya pembelajaran.
Pendekatan-pendekatan pembelajaran yang dilakukan yaitu :
  • Perubahan paradigma: pengajaran pembelajaran contohnya adalah teacher center dan student center. Dimana [ada teacher center proses pembelajaran lebih banyak berpusat pada guru, guru yang lebih banyak memegang peranan penuh, contoh metode yang digunakan dalam teacher center adalah, ceramah, demonstrasi, tutorial dan lain - lain. Student center, dimana siswa memegang peranan penuh dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan seperti diskusi, tanya jawab, dan lain - lain.
  • Perubahan landasan : perubahan dari behavioristik menjadi konstruktivistik.
  • Pendekatan ilmiah : pendekatan ilmiah meliputi teori-teori pembelajaran.
Terdapat proses pembelajaran antara lain, pertama disusun secara sistematik dan sistemik.Sesuai dengan sistem yang berlaku dan harus berurutan. Kedua, interaksi yang optimal antara dosen, mahasiswa dan sumber belajar harus berjalan dengan lancar. Ketiga, suasana yang menyenangkan, menantang, mendorong semangat dan kegiatan memungkinkan perkembangannya sehingga dapat memberi keteladanan dan membangun kemandirian dalam diri siswa.

    Apakah yang dimaksud dengan pembelajaran tematik?
    Pada pembelajaran tematik merupakan pelajaran yang dirancang berdasarkan tema tertentu, tema di tinjau dari beberapa mata pelajaran. Dalam pembelajaran tematik menyediakan keluasan dan kedalaman implementasi kurikulum. pembelajaran menawarkan dinamika dalam pembelajaran, menghilangkan batas semu antar bagian kurikulum, menyediakan pembelajaran yang interaktif serta membantu siswa mengembangun hubungan antara konsep dan ide menjadi sebuah pemahaman.


    Apakah yang dimaksud dengan pembelajaran kreatif?
    Pembelajaran aktif merupakan upaya mengorganisasikan isi ajaran dan kegiatan belajar, sehingga terjadi belajar aktif.
    Belajar aktif meliputi :
    1. Discovery learning. ( Belajar Menemukan )
    2. Problem based learning.( Belajaran berbasis masalah )
    3. Contextual learning.(Belajar kontekstual )
    4. Independent learning.(  Belajar Secara Mandiri )
    5. Cooperatif Learning.( Belajar kooperatif )
    6. Concept-mapping learIndependent learningning.(Belajar pemetaan konsep)


    Belajar menemukan merupakan pembelajaran dimana siswa secara analisis dan kritis mencari dan menemukan berbagai kemungkinan jawaban atas suatu masalah yang dihadapkan kepada mereka. Belajar berbasis masalah adalah proses kegiatan pembelajaran dimana siswa dihadapi dengan permasalahan yang harus dijawab secara ilmiah melalui data-data yang telah tersedia.
    Belajar kontekstual adalah dimana pendidik berupaya menghadirkan pembelajaran agar peserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan dalam kehidupan nyata. Belajar mandiri adalah proses belajar dimana setiap peserta didik belajar secara mandiri tetapi masih dalam bimbingan orang lain.
    Belajar kooperatif adalah kegiatan pembelajaran dimana seluruh siswa dibagi dalam beberapa kelompok sehingga siswa dapat saling bekerjasama untuk mencapai tujuan pembelajaran.
    Namun pada dasarnya pendekatan pembelajaran kooperatif learning ini bermanfaat untuk meningkatkan sifat positif pembelajaran terhadap lingkungan belajar termasuk guru, kemampuan kerja sama antar siswa, kemampuan nalar dan keterlibatan emosional interaksi antar pembelajaran dan dukungan social.



    No comments:

    Post a Comment